Rektor Universitas Jambi Membuka Workshop Penyusunan Monitoring dan Evaluasi Pembelajaran Program Merdeka Belajar Kampus Medeka (MBKM) Di Lingkungan Universitas Jambi Tahun 2023

Dalam rangka peningkatan dan Pengembangan Pembelajaran Merdeka Belajar Kampus Merdeka Universitas Jambi, Rektor Universitas Jambi Prof. Drs. H. Sutrisno, M.Sc., Ph.D., membuka kegiatan Workshop Penyusunan Monev Pembelajaran Program Merdeka Belajar Kampus Medeka (MBKM) Di Lingkungan Universitas Jambi Tahun 2023 yang dilaksanakan pada hari Senin tanggal 5 Juni 2023, Rektor membuka kegiatan tersebut pada pukul 08.45 WIB sampai dengan selesai bertempat di Ratu Hotel Kota Jambi.

Rektor Universitas Jambi dalam arahan dan sambutannya pada acara pembukaan kegiatan workshop dalam kesempatan ini ada tiga hal pokok yang disampaikan yang berkaitan dengan praktek baik mereka belajar kampus merdeka (MBKM), yang pertama mencoba melihat perjalanan praktek baik Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) fase noties MBKM di Universitas Jambi yang kini sudah masuk tahun ketiga, tahun 2020 diluncurkan dan kita mempersiapkan perangkat-perangkatnya pada tahun 2020, 2021 dilaksanakan tahun 2022 sudah mulai berjalan baik tahun 2023 yang merupakan tahun perbaikan. Di dalam MBKM ada Sembilan hak mahasiswa yang kita wajibkan dulu kita layani untuk merdeka belajar kampus merdeka diberbagai aktivitas programnya. Yang kedua MBKM tidak terlepas dari peran kurikulum, sehingga peran kurikulum berbeda-beda tergantung kurikulum yang dimasukkan oleh program studi untuk kebenarannya terkait kurikulum yang telah teradopsi medel MBKM.

Pada kesempatan itu pula Ketua Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu (LP3M) Universitas Jambi Dr. Ir. Hj. Sunarti, S.P., M.P.,IPU dalam laporannya menyampaikan harapan, dan tujuan pelaksanaan kegiatan ini diharapkan dapat menambah pengetahuan dan wawasan  yang akan disampaikan oleh narasumber, kemudian akan dilanjutkan dengan pengerjaan instrumen monitoring evaluasi pembelajaran dan Merdeka Belajar Kampus Merdeka untuk kita gunakan pada semester depan dan akan melaksanakan monitoring pembelajaran dan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang disertai bersamaan dengan pelaksanaan Audit Mutu Internal (AMI). Mungkin pelaksanaannya akan barengi dengan dokumen ini harus kita selesaikan untuk bisa dipergunakan pada semester ini. Pada kegiatan ini diikuti oleh sekitar 65 orang yang terdiri atas Tim Unit Jamiunan Mutu (UJM) dari masing-masing fakultas, utusan program studi diutamakan dosen-dosen yang telah lulus kompetensi penyusunan kurikulum dan Tim Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Universitas Jambi. Sebagai narasumber pada kegiatan workshop ini adalah Prof. Dr. Joko Nurkamto, M.Pd. dari Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS).

Dan tanggal 6 Juni 2023 akan dilanjutkan dengan kegiatan Sosialisasi Formulir Dan Instrumen Monitoring dan Evaluasi Pembelajaran Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Di Lingkungan Universitas Jambi Tahun 2023. Bertempat di Sumatera Meeting Room Ratu Hotel Jambi, Jln. Slamet Riaydi No. 24 Kel. Sungai Putri Kec. Telanaipura, Kota Jambi. RDS/HDA:LP3MUNJA

Leave a Reply