Editorial

Sejak Universitas Jambi berdiri, pelaksanaan dan pengembangan dharma pendidikan dilakukan secara sporadis, nyaris tidak tertata dan terstruktur dengan baik. Hal ini berbeda dengan pelaksanaan dan pengembangan dharma penelitian dan dharma pengabdian pada masyarakat, yang sejak lama telah ada Lembaga yang mengurusnya. Oleh karena itu pendirian LP3M di Universitas ini merupakan suatu bentuk komitmen dan terobosan dari pimpinan untuk membuat Universitas ini menjadi yang terbaik dan lebih bermutu.

Kehadiran LP3M tentu tidak dengan ujug-ujug, tapi sebenarnya telah diperjuangkan sejak Rektor Prof. Dr. Ir. H. Soedarmadi Hardjosuwignyo, M.Sc. (1994-1999) memimpin Universitas ini, namun upaya-upaya tersebut selalu kandas. Dan baru dalam era kepemimpinan Rektor Prof. Dr. Drs. H. Aulia Tasman, M.Sc (2012-2015) dapat diwujudkan dengan terbitnya Keputusan Rektor Nomor: 748-A/UN21/DT/2012 berdasarkan surat Dirjen Dikti Nomor: 1215/E/T/2012 Tanggal 25 September 2012 tentang Persetujuan Pembentukkan LP3 Universitas Jambi, serta Kepmendikbud No. 19 Tahun 2014 tentang OTK Universitas Jambi.

Kehadiran LP3M Universitas Jambi tentu membawa harapan baru, karena sesuai dengan perannya sebagai pelaksana akademis untuk melakukan kajian, evaluasi, analisis, dan interpretasi yang handal dan sahih dalam penyelenggaraan proses pembelajaran yang bermutu tinggi, pembinaan dan pengembangan kurikulum untuk menuju kurikulum bertaraf internasional selaras dengan kerangka kualifikasi nasional, pengembangan manajemen sumber-sumber belajar, produksi media audio visual, alat bantu pembelajaran dan bahan ajar, serta peningkatan kompetensi pedagogik dan profesional khususnya dosen dan tenaga pendidik di sekolah.

Dengan demikian pimpinan akan memperoleh gagasan, masukan dan informasi berbasis data dalam perencanaan pengembangan pendidikan, menyediakan layanan dan bantuan kepada staf akademik untuk peningkatan kemampuan dalam proses pembelajaran, dan bersama dengan unit kerja yang relevan melakukan evaluasi hasil dan proses pembelajaran yang ditujukan untuk peningkatan kualitas serta penelitian proses pembelajaran secara berkelanjutan.

Melalui pelaksanaan perannya tersebut, keberadaan LP-3M merupakan salah satu perwujudan upaya Universitas Jambi untuk meningkatkan daya saing institusinya melalui beragam aktivitas peningkatan kualitas pembelajaran dan penjaminan mutu, yang pada akhirnya diharapkan dapat berkontribusi dalam menghasilkan keunggulan berupa lulusan perguruan tinggi sebagai intellectual capital yang dapat meningkatkan daya saing bangsa. Penjaminan mutu pada LP-3M Universitas Jambi dilakukan untuk menjamin: (a) Kepatuhan terhadap kebijakan, standar, peraturan, dan manual mutu yang telah ditetapkan. (b) Kepastian bahwa lulusan memiliki kompetensi sesuai dengan yang ditetapkan di setiap program studi, dan (c) Kepastian bahwa setiap mahasiswa memiliki pengalaman belajar sesuai dengan kualifikasi lulusan program studi. Selamat berkarya LP3M.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*