Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran

 

VISI

Membantu mempercepat tercapainya Visi Universitas Jambi sebagai a World Class Entrepreneurship University melalui pengembangan sumber belajar yang modern dan inovatif.

 

MISI

  1. Mendorong percepatan pengembangan pembelajaran melalui berbagai kegiatan kajian ilmiah untuk menghasilkan konsep-konsep pemikiran strategis dalam pengembangan sumber belajar yang modern dan inovatif pada tingkat Universitas Jambi.
  2. Meningkatkan kualitas SDM hingga mencapai kompetensi profesional, adaptif, dan berkarakter, khususnya dalam konteks pemahaman, penguasaan dan penerapan berbagai prinsip, metode dan teknik-teknik aktivitas instruksional yang unggul dan bermutu melalui pelatihan dan produksi sumber belajar yang modern dan inovatif.
  3. Berperan serta dalam upaya-upaya pemberdayaan masyarakat dengan menyiapkan sistem peningkatan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan pada semua jalur, jenjang dan jenis pendidikan melalui berbagai kegiatan pelatihan profesional khususnya yang berkaitan dengan pengembangan sumber belajar yang modern dan inovatif.

 

TUJUAN

  1. Mengembangkan manajemen sumber-sumber belajar berbasis teknologi pembelajaran dan multimedia untuk belajar.
  2. Membantu meningkatkan fungsi perpustakaan fakultas menjadi pusat sumber belajar yang aktif melaksanakan kajian dan pelatihan seperti kegiatan bedah buku, diskusi ilmiah, pelatihan penulisan karya tulis ilmiah, pelatihan metode penelitian dan pengolahan data, pelatihan information literacy, diseminasi hasil penelitian, serta melaksanakan lomba karya tulis ilmiah bagi mahasiswa.
  3. Melaksanakan pelatihan dan mendorong dosen untuk membuat bahan ajar digital, tutorial dan video pembelajaran baik untuk pembelajaran tatap muka maupun online.
  4. Melakukan penelitian atau kajian untuk meningkatkan akses terhadap sumber-sumber belajar.
  5. Memproduksi bahan ajar digital, tutorial online, dan video pembelajaran.
  6. Melaksanakan pelatihan dan membantu dosen untuk menempatkan bahan ajar, hasil penelitian, hasil pengabdian dan karya ilmiah lainnya pada blog dosen dan media online lainnya baik yang berbasis unja.ac.id maupun di luar itu seperti Spada Ristekdikti dan youtube.
  7. Melaksanakan pelatihan dan membantu dosen dalam menggunakan fasilitas distance learning.

 

SASARAN

  JENIS SASARAN 2019 2020
1 Perpustakaan fakultas aktif melaksanakan kajian dan pelatihan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mahasiswa 2 perpustakaan 11 perpustakaan
2 Pelatihan pembuatan video pembelajaran dan tutorial online 40 dosen 80 dosen
3 Produksi video pembelajaran dan tutorial online 5 video dan 10 tutorial 10 video dan 20 turorial
4 Penempatan video pembelajaran dan tutorial online pada blog dosen, website LP3M dan Spada Indonesia. 5 video dan 10 tutorial 10 video dan 20 turorial
5 Penelitian/kajian untuk meningkatkan akses terhadap sumber-sumber belajar 1 penelitian 1 penelitian
6 Pelatihan dan membantu dosen untuk menempatkan bahan ajar, hasil penelitian, hasil pengabdian dan karya ilmiah lainnya pada blog dosen dan media online lainnya baik yang berbasis unja.ac.id maupun di luar itu seperti Spada Ristekdikti dan youtube. 40 dosen 80 dosen
7 Pelatihan dan pendampingan penggunaan kelas jarak jauh (distance learning) 20 dosen 50 dosen